-the conversation-

A: Udah makan belom?
B: Udah, tadi sore.
A: Mau makan lagi ga?
B: Masih kenyang sih,,tapi kalo mau makan lagi sih ayo2 aja. Gw minum aja..
A: Gw juga baru makan tadi sore. Kalo lo ga makan, gw juga ga deh.
B: Beneran lo ga mau makan lagi?
A: Gak deh,,masih kenyang. Tadi sore makannya banyak.
B: Oh,,ya udah. Gak makan ati2 sakit lho..
A: Emang kalo gw sakit kenapa?
B: Ya kalo lo sakit ntar gw nengok..
A: Kalo gw ga sakit?
B: Ya gw ga nengok. Gmn sih lo?
....dst


*Percakapan ini hanyalah fiktif belaka. Jika ada kesamaan kata-kata, pastilah hanya suatu kebetulan.

Percakapan atau dialog atau conversation. Kira2 apa ya definisinya? Setelah tau definisinya, lalu apa ya fungsinya? Bagaimana harusnya memanfaatkan suatu percakapan?

Inti dari suatu percakapan adalah untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya, penting ataupun tidak, dan untuk menyampaikan sesuatu secara langsung ataupun tersirat. Suatu kata dalam kalimat atau kalimat dalam percakapan tidak selalu dapat ditangkap untuk satu makna yang sama. Disinilah pentingnya menyamakan persepsi dalam memaknai kata dan kalimat dalam percakapan. Ngomongin "informasi", saya jadi teringat kerjaan yang selama ini saya kerjain. Bikin manual instruction buat produksi produk baru. Ternyata ga mudah juga merangkai kata-kata sederhana dan mudah dimengerti untuk tiap proses di produksi produk baru itu. Informasi dari kalimat yang kita bikin belum tentu ditangkap dengan makna yang sama oleh orang lain. Hoho,,cukup menantang juga sih.. Gimana caranya supaya manual itu bisa dibuat sesederhana mungkin tapi lengkap dan detail informasinya.

Suatu kalimat bisa memiliki arti ganda kalo kalimat itu ambigu. Makanya sering terjadi miskomunikasi. Ato,,ada juga yang bikin kalimat itu ambigu, biar maksud sebenarnya yang ingin disampaikan jadi samar-samar. Hahaha,,ngomong apa sih gw?!?!

Yah,,intinya mah..sampaikanlah informasi itu dengan sederhana, namun cukup jelas maknanya. Di sisi lain, sampaikanlah informasi itu dalam bentuk komunikasi yang baik dengan behaviour yang baik. Memang tiap orang pasti punya default yang berbeda-beda, ada yang OK,,ada juga yang NG (not good). Makanya, yang paling penting dari komunikasi adalah bagaimana kita bisa menghargai masing-masing orang dengan segala macam karakternya.

Hargailah dulu orang lain kalo ingin dihargai orang.

Komentar

Postingan Populer