Jurnal Syukur

Awal tahun selalu identik dengan yang namanya resolusi. Tahun ini saya tidak mau bermuluk-muluk dengan resolusi, tapi saya tetap punya. Satu hal yang saya tekankan dalam ber-resolusi di tahun ini adalah memulai hal-hal sekecil apapun untuk mewujudkan impian besar. Memulai. Memulai berarti melaksanakan, entah sesuatu yang besar ataupun kecil dan merupakan sebuah langkah nyata. Ya, laksanakan saja apa yang menurut kita akan menuntun kita menuju tujuan, tidak perlu takut salah. Sekalipun salah, setidaknya kita jadi bisa tahu bahwa itu salah dan mencoba mencari solusinya, daripada tidak melakukan dan tidak tahu hasilnya, apalagi untuk mencari solusinya.

Dalam melaksanakan langkah-langkah menuju impian, sebagai manusia, adalah lumrah jika ada saat-saat dimana kita merasa jenuh, malas, putus asa, dan segala hal-hal negatif lainnya. Saya ingat beberapa tahun lalu saya pernah membaca sebuah buku dan menyarankan kita untuk menulis hal-hal yang bisa kita syukuri tiap harinya, sekecil apapun itu, supaya kita selalu merasa beruntung, dan secara tidak langsung membuat suasana hati kita menjadi positif kembali.

Dan tahun ini, dimulai dari beberapa hari yang lalu, saya mencoba melakukan hal tersebut. Menuliskan setidaknya 3 hal yang bisa kita syukuri tiap harinya, sekali lagi, sekecil apapun itu, di dalam sebuah buku harian. Dan saya namakan sebagai "Jurnal Syukur" You can try it too guys! Mungkin ada yang bertanya untuk apa saya melakukan hal itu? Dengan kita menuliskan hal-hal yang dapat kita syukuri tiap harinya, secara tidak langsung kita jadi sadar bahwa kita adalah manusia beruntung yang telah diberikan segala kebaikan oleh dunia ini, sehingga menyehatkan urat-urat syukur kita dan menjauhkan kita dari penyakit mengeluh, sedih, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ketidaksyukuran. Mungkin ada yang pernah membaca kalimat yang menyebutkan bahwa apa yang terjadi dengan kita adalah sesuai dengan "perasaan" kita. Dengan selalu mengingat hal-hal yang dapat disyukuri, perasaan kita akan selalu senang dan positif, sehingga Insya Allah akan menarik hal-hal yang positif juga ke kehidupan kita.

Ayo menulis jurnal syukur :)

Komentar

Postingan Populer