Aksi - Reaksi

"To every Action there is always opposed an equal Reaction?" - Isaac Newton, Philosophiae Naturalis Principia Mathematica

Saya tidak akan membahas Hukum Ketiga Newton tentang aksi-reaksi, saya hanya terbesit kata-kata itu saat sedang memikirkan sesuatu. Ingat kata-kata aksi-reaksi tiba-tiba teringat tentang hubungan timbal balik, khususnya antar individu. Memang benar adanya hukum tarik-menarik itu, bahwa saat kita bereaksi positif terhadap sesuatu, or let say ber-positive thinking, biasanya hasil yang kembali kepada kita adalah hal-hal yang positif juga. Yang tidak mudah adalah tetap ber-positive thinking saat situasi jelas-jelas kurang mendukung untuk kita bisa melakukan itu. Kadang kita lupa, bahwa apapun bisa terjadi kelak, seburuk apapun kondisi kini. Kadang banyak keajaiban yang datang tanpa kita tahu logikanya seperti apa, namun bukan berarti kita harus menunggu keajaiban datang. Adalah sebuah tantangan saat kita harus tetap menjaga perasaan positif saat realitas yang ada di depan mata jelas-jelas terlihat tidak mendukung. Mungkin pada saat seperti ini kita tidak hanya harus melihat dengan mata kepala kita, tapi adalah saatnya untuk melihat pada mata hati kita, pada suara-suara yang mungkin tidak kita dengarkan saking fokusnya kita dengan realitas yang kita "lihat" secara visual. Mungkin saking sudah terlalu lamanya kita melupakan suara hati kita sendiri, kita dihadapkan pada posisi dimana kita mau tidak mau harus mendengar hati yang akan menunjukkan apa yang sebenarnya benar untuk dipilih dan dilakukan. 
Tantangan adalah suatu media untuk kita mengembangkan diri, tapi menurut saya saat tantangan tersebut sudah sedikit tidak masuk akal (saya sulit menjabarkan maksud tidak masuk akal disini n_n), mungkin adalah saatnya situasi ini mendorong saya untuk mendengarkan hati saya untuk menentukan pilihan atas apa yang sudah menunggu di depan saya.

Saatnya untuk menentukan pilihan. Semoga pilihan ini tidak salah.


Komentar

Postingan Populer